Friday 19 February 2016

Definisi Kerja?

Lanjut berbicara seputar kerja, barusan aku berkelana (lagi)
ke suatu perpustakaan ternyaman (versi penulis) untuk saat ini.
Sebenarnya, tujuan utamaku bukanlah membaca seputar kata "kerja".
Melainkan, tentang budaya.
Ternyata kerja juga tak lepas dari budaya.
Ada beberapa yang ku kutip.

Sebentar .. aku harus buka buku catatan.
dan juga mandi, sebelum papa pulang,
karena ini sudah pukul enam.
-
-
-
-
sekarang aku sudah selesai mandi,
jadi lebih percaya diri bertemu pria yang ku hormati setiap hari.
hormat grak !
oke kembali ke kerja.
istilah kerja dapat dirumuskan sebagai berikut :
melakukan kegiatan yang direncanakan dengan pemikiran khusus,
demi pembangunan dunia dan hidup manusia. (Magnis, 1983:74 dalam Veeger, 1995)

waaa kalo itu definisi kerja, bohong nih yang bilang aku pengangguran,
diamku itu bekerja tauu .. (mungkin ini menghibur diri)
apakah pekerjaanmu demi pembangunan dunia dan hidup manusia?
atau demi pengrusakan dunia dan mati manusia? -_-

Kerja dapat dilihat sebagai hak istimewa manusia.
Refleksi lebih lanjut akan menyingkap bahwa tidak semua orang
menghayati kerja sebagai hak istimewa (Veeger, 1995).

Aku angkat tangan soal penghayatan.
Pembicaraan kerja ku akhiri.

No comments: